8 Manfaat Membaca bagi Kesehatan Otak - Nutrisi Penting dan Tak Ternilai


Membaca dianggap sebagai cara memberikan asupan kepada otak secara kognitif. Jadi, Anda bisa semakin pintar dan berwawasan luas. Namun, manfaat membaca buku ternyata jauh lebih banyak dari itu! Membaca buku diklaim dapat bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Hal ini dinilai dapat bertahan seumur hidup. 

Membaca biasa apa saja, entah itu, buku, jurnal, novel, hingga tulisan pendek asalkan membuka wawasan. Dengan rajin membaca, Anda akan lebih tahu sebab dan akibat apa yang terjadi di dunia ini.

Apa manfaat membaca? Berikut manfaat membaca bagi kesehatan:

1. Meningkatkan Fungsi Otak

8 Gejala Tumor Otak Halaman all - Kompas.com

Melalui pemeriksaan magnetic resonance imaging (MRI), para peneliti menemukan, membaca buku dapat mengaktifkan sebuah jejaring sirkuit yang kompleks di otak. Dengan semakin sering membaca, sirkuit tersebut akan semakin kuat dan kompleks. Hal ini akan memengaruhi fungsi otak yang lain juga, seperti fungsi memori, gerak, dan sensitivitas terhadap nyeri.

2. Meningkatkan Empati

Manfaat Dongeng Anak untuk Kecerdasan Emosional

Menurut penelitian, mereka yang gemar membaca buku, khususnya fiksi, memiliki kemampuan berempati lebih tinggi. Mereka akan lebih mampu memahami perasaan dan emosi orang lain. Hal ini membantu dalam hubungan interpersonal dan kehidupan bersosialisasi. Dalam penelitian lain, pembaca fiksi jangka panjang cenderung memiliki teori cara berpikir yang berkembang lebih baik.

3. Melatih Daya Ingat dan Konsentrasi

Aktivitas membaca diketahui sebagai proses yang menuntut kognitif, yang dapat memperkuat memori dan konsentrasi. Ketika membaca, Anda akan memproses kata-kata yang dibaca dan membantu mengingat pengetahuan. Para ahli mengatakan, rutinitas membaca yang teratur membantu otak melatih proses mental yang berkontribusi pada fungsi memori. Proses ini membutuhkan upaya mental dan sejumlah konsentrasi. Dengan penguatan berkelanjutan, maka akan ada kapasitas yang lebih besar untuk fungsi memori dan konsentrasi.

4. Mengurangi Stres

Stres, khususnya stres kronis (berlangsung bertahun-tahun), dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan. Salah satu manfaat membaca buku adalah mengurangi stres. Sebuah penelitian dalam Journal of College Teaching and Learning menjelaskan, kebiasaan membaca buku setidaknya tiga puluh menit setiap hari dapat membantu menurunkan tekanan darah, frekuensi detak jantung, dan stres. Manfaat tersebut sama efektifnya dengan olahraga meditatif seperti yoga dan menyaksikan humor.

5. Meningkatkan Kualitas Tidur

Meningkatkan Kualitas Tidur

Menyambung dari manfaat sebelumnya, membaca buku dapat meningkatkan kualitas tidur. Mereka yang menjadikan membaca buku sebagai salah satu bagian dari rutinitas sebelum tidur cenderung memiliki kualitas tidur lebih baik dan terhindar dari masalah tidur seperti insomnia.  Untuk hasil optimal, Anda disarankan membaca buku atau tulisan yang dicetak ketimbang melalui layar gawai. Pasalnya, cahaya yang dipancarkan perangkat tersebut dapat membuat Anda tetap terjaga dan sulit tertidur.

6. Mencegah Penurunan Kognitif Akibat Usia

Manfaat membaca buku bagi kesehatan selanjutnya adalah memelihara fungsi kognitif dan memori. Hal ini dapat membantu menurunkan risiko masalah kognitif di usia lanjut, seperti demensia. Membaca memiliki efek protektif (perlindungan) bagi otak dan kemampuan kognitif. 

7. Meningkatkan Harapan Hidup

Meningkatkan Harapan Hidup

Sebuah studi menunjukkan, mereka yang rutin membaca buku selama 30 menit per hari punya penurunan angka mortalitas (kematian akibat berbagai penyakit) setidaknya 20 persen, dibandingkan mereka yang tidak terbiasa membaca buku. Jenis bacaan rupanya juga memberikan pengaruh. Sebuah penelitian mengatakan, mereka yang rutin membaca buku cenderung hidup dua tahun lebih lama, dibandingkan mereka yang tidak membaca sama sekali ataupun membaca majalah, koran, dan media lainnya.

8. Meningkatkan Kosakata

Benarkah Membaca Buku Itu Jendela Dunia? - Amanat.id

Kosakata di dalam buku bacaan sangat beragam. Bahkan banyak kosakata yang tidak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, ada di dalam buku. Dengan banyak membaca buku, kosakata Anda makin kaya. Penelitian juga sepakat, anak-anak yang sudah gemar membaca dari kecil, secara bertahap akan mengembangkan kosakata yang besar. Hal ini memengaruhi banyak bidang dalam kehidupannya kelak, mulai tes masuk sekolah dasar, perguruan tinggi, sampai peluang kerja.

 

Sumber: klikdokter.com

 


Total Dibaca

Peta Wilayah

 

Contact Details

Telephone: ‎+62 286 3301757
Email:  desabumiroso@gmail.com
Website: https://bumiroso-watumalang.wonosobokab.go.id

Bumiroso RT 03 RW 03 Desa Bumiroso Kecamatan Watumalang Kabupaten Wonosobo Provinsi Jawa Tengah