Bangun Relasi Seimbang Antara Laki-Laki dan Perempuan


WONOSOBO-Pemerintah Desa Bumiroso Kecamatan Watumalang gandeng kelompok masyarakat bersinergi mewujudkan kesejahteraan perempuan dan anak. Hal ini didasari pada kondisi bahwa pemerintah desa tidak sanggup bekerja sendirian menyelesaikan berbagai kesenjangan yang dialami kaum perempuan Bumiroso dan permasalahan anak.

Perempuan dan anak adalah isu lintas sektor dan lintas bidang yang sangat strategis. Berhasil tidaknya pembangunan desa sangat tergantung pada kontribusi yang mereka berikan. Maka Pemerintah Desa Bumiroso membentuk Forum Perlindungan Perempuan dan Anak.

Khoirul Umam, Sekdes Desa Bumiroso menyampaikan penting membangun hubungan relasi yang seimbang dan harmonis, berbagai peran antara laki-laki dan perempuan baik dalam keluarga, masyarakat sampai dalam tahapan membangun kehidupan berbangsa dan bernegara. Sementara itu anak merupakan generasi emas yang harus dijaga karena tak ternilai harganya.

“Harus dibangun relasi seimbang antara peran laki-laki dan perempuan, sedangkan anak harus dijaga, mereka generasi penerus,” ucapnya.

Menurutnya, berbagai kelompok organisasi perempuan sebaiknya berkolaborasi dalam meningkatkan kesejahteraan kaum perempuan. Hal tersebut, akan mempermudah upaya pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak.

“Pemerintah Desa Bumiroso sangat mendukung terbentuknya Forum Perlindungan dan Anak,” katanya.

Sementara itu, Desti Kurniasih Bidan Desa Bumiroso mengemukakan terbentuknya Forum Peduli Perempuan dan Anak sangat penting untuk kemajuan desa dan masyarakat. Forum ini merupakan wadah untuk mengelola informasi permasalahan yang dihadapi oleh perempuan dan anak di Bumiroso.

“Wadah ini harus mampu memetakan permasalahan perempuan dan anak serta mencari solusi bersama supaya masalah tersebut terselesaikan.” Tandasnya.

Forum peduli Perempuan dan Anak merupakan kolaborasi dari Basis Komunitas (Baskom) dan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) di Bumiroso. Dua kelompok ini dianggap memiliki visi dan misi yang sama untuk perlindungan perempuan dan anak dari kekerasan sehinggan meningkatkan kesejahteraan perempuan dan anak.(gus)

*Agus Supriyadi/WonosoboEkspres/25-03-2021*


Total Dibaca

Peta Wilayah

 

Contact Details

Telephone: ‎+62 286 3301757
Email:  desabumiroso@gmail.com
Website: https://bumiroso-watumalang.wonosobokab.go.id

Bumiroso RT 03 RW 03 Desa Bumiroso Kecamatan Watumalang Kabupaten Wonosobo Provinsi Jawa Tengah