Sejarah Desa


Desa Bumiroso Berdiri kurang lebih tahun 1889. Sejarah desa Bumiroso hanya bisa diruntut berdasarkan cerita lisan yang berkembang secara turun menurun di tengah masyarakat, bahwa Desa Bumiroso didirikan oleh seorang Kyai yang bernama Kyai Talkum yang berasal dari Yogyakarta.

Salah satu tokoh pendiri Desa Bumiroso adalah Kyai Talkum yang merupakan Pengawal Putri Ayu Adipati Ngayogyakarta yang akan mengembara. Hingga saat ini belum ada dokumen dan bukti sejarah yang menorehkan nama pendiri desa Bumiroso pada saat itu. Menurut riwayat dari cerita masyarakat bahwa Desa Bumiroso Terdiri dari 3 dusun yaitu dusun Drewel, Dusun Jembarsari dan Dusun Kemiri.

Dusun Drewel, Berdiri kurang lebih tahun 1910 pendirinya adalah Kyai Brandal Menurut cerita yang didapat dari seorang perangkat desa Kaur Kesra Bumiroso yaitu mbah Kyai Murtadho bahwa masyarakat dusun tersebut pada waktu itu senangnya pada olok-olokan, rebut dan susah diajak damai pada waktu itu sehingga 0leh Kyai brandal dinamai Dusun Drewel. Desa BumirososendiriBerdiri kurang lebih tahun 1907 pendirinya adalahmbah Ky Talkum dari Yogyakarta pada waktu itu ada seoarang Putri Ayu Adipati Yogyakarta yag sudah berkali-kali di lamar/akan dipersunting oleh pemuda akan tetapi tidak mau, untuk menghindari lamaran dari banyak pemuda akhirnya mengembara yang di kawal oleh seorang Kyai yang bernama Kyai Talkum, oleh Kyai Talkum dibawa ke sebelah Barat alun-lun disitu beliau berkata berdasarkan kemajuan jaman ini akan menjadi nama Wonosobo yang artinya (hutan yang sering dilewati) kemudian berjalan ke sebelah selatan beliau menamai pakunjaran yang sekarang lebih dikenal dengan nama Penjara, kemudian beliau berjalan lagi ke sebelah Utara sampai dipertigaan beliau mendengar bunyi lonceng (klentheng) dan beliau menamai klenteng beliau istirahat sejenak dan berjalan lagi menuju ke sebelah Baratyang ahkirnya beristirahat lagi di suatu tempat, ditempat itu beliau berkata disini rasanya sejuk,damai nyaman, beliau sangat krasan yang akhirnya beliau menamai Bumirasa yang sekarang dinamai Bumiroso yang artinya tanah yang membuat krasan, kemudian dilanjutkan terus menggembaranya sampai di Kalimendong, sampai meningalnya Kyai Talkum di Kalimendong. Untuk menggenang pendiri Desa Bumiroso warga masyarakat Dusun Bumiroso setiap tahunnya berziarah secara rombongan maupun perseorangan ke Kalimendong.

Dusun Siwatu berdiri tahun 1935 pendirinya adalah Mbah Arjo.Dusun tersebut pada waktu itu dihuni oleh satu orang yaitu Mbah Arjo kemudian selang waktu bertambah2 Kepala Keluarga kemudian dusun tersebut oleh ketiga orang tersebut di namai Jembarsari kulon, kemudian datanglahseorang wali bernama Mbah Kyai Abu Nangin, karena desa tersebut belum ada masjid, kemudian mbah Kyai Abu Nangin mendirikan sebuah masjid ditengah-tengah sawah, ditengah-tengah sawah banyak sekali batu-batu yang besarbatu-batu tersebut dipecahsama mbah Kyai Abu Nangin untuk pembangunan masjidsetelah jadi masjid diberi nama “ MASJID SENJATA KESUMAN“ nama Senjata Kesuman berdasarkan riwayat bahwa pada saat pembangunan masjid tersebut Batu paling besar yang ada di sekita lokasi pembangunan di belah dan didalamnya ternyata terdapat beberapa Pusaka atau Senjata berupa Tombak dan Pecut. Kemudian ada seorang ulama` yaitu Mbah Kyai Ghozali Syihab yang berasal dari Mbeteng Sari mendirikan Pondok Pesantren Miftahul Huda dan Gedung Thoriqoh dibawah asuhan mbah Kyai Ghozali Syihab, setelah berkembang dan banyak santrinya berbagai Penjuru yang akhirnya diberi nama Pondok Pesantren Miftahul Huda sehingga sampai sekarang dikenal dengan Dusun Siwatu.

Dusun Kemiri, berdiri kurang lebih pada tahun1921. Pendirinya adalah Mbah Kyai Saridin Pada waktu itu di desa tersebut ada sebuah pohon Kemiri yang berada ditengah tengah desa, karena dengan berkembangya penduduk akhirnya pohon kemiri ditebanguntuk mengingat kalau didesa tersebut pernah ada pohon Kemiri akhirnya desa tersebut diberi nama “Dusun Kemiri “ sejarah ini diambil cerita secara turun-temurun, mulut ke mulut.

Salah satu narasumber yang menjadi rujukan penulisan sejarah desa Bumiroso iniadalah salah satu perangkat desa kaur Kesra yaitu Mbah Kyai MurtadhoAlmarhum kepada Sekdes Bumiroso periode 1993-2015 yaitu Ibu Nur Chikmah.

                                                    .:: Kepala Desa dari Masa ke Masa ::.

No

Nama

Periode

Alamat

Keterangan

1

Kerta Dwipa

…… s/d …….

 

 

2

Seco Wijoyo

…… s/d …….

 

 

3

Joyo Mihardjo

…… s/d 1935

 

 

4

Samhudi

1935 s/d 1977

Drewel

 

5

Cholil

1977 s/d 1981

Drewel

 

6

Much Zaeni

1981 s/d 1985

Gondang

Pj. Kades

7

Ribut M Fadhol

1985 s/d 1993

Kemiri

 

8

Muzar Ahmad

1993 s/d 1994

Bakalan

Pj. Kades

9

M. Matruf

1994 s/d 2002

Bumiroso

 

10

Sumardin, SE

2002 s/d 2007, 2007 s/d 2013

Bumiroso

 

11

Mustangin

2013 s/d 2019

Kemiri

 

12

Syaiful Ahzar, S.IP 10 Okt 2019 s/d 15 Des 2019 Limbangan Mojotengah

Pj. Kades

13

Sumardin, SE

2019 s/d 2025

Bumiroso

 

 

 

 

 

 


Total Dibaca

Peta Wilayah

 

Contact Details

Telephone: ‎+62 286 3301757
Email:  desabumiroso@gmail.com
Website: https://bumiroso-watumalang.wonosobokab.go.id

Bumiroso RT 03 RW 03 Desa Bumiroso Kecamatan Watumalang Kabupaten Wonosobo Provinsi Jawa Tengah

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library '/usr/lib/php/20131226/php_pdo_mysql.dll' - /usr/lib/php/20131226/php_pdo_mysql.dll: cannot open shared object file: No such file or directory

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: