A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: fopen(/var/lib/php/sessions/ci_session675e7397697aaa37a5a9c18b60d0cb4dfa2ec61b): failed to open stream: No space left on device

Filename: drivers/Session_files_driver.php

Line Number: 156

Backtrace:

File: /home/desa/application/controllers/Postings.php
Line: 8
Function: __construct

File: /home/desa/index.php
Line: 292
Function: require_once

Desa Bumiroso

Musyawarah Desa Bumiroso Libatkan Semua Elemen Masyarakat


MAGELANGEKSPRES.COM,WONOSOBO- Perencanaan pembangunan Tahun Anggaran 2021 di Desa Bumiroso, Kecamatan Watumalang dinilai layak menjadi contoh untuk desa-desa lainnya di Kabupaten Wonosobo. Selain disusun berbasis partisipasi masyarakat, Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa Bumiroso juga didukung dengan hasil forum group discussion (FGD) yang melibatkan seluruh elemen, seperti tokok agama, tokoh perempuan, pemuda, tokoh kesehatan hingga tokoh-tokoh masyarakat setempat.

Penilaian positif terkait pelaksanaan Musyawarah Desa Penyusunan RKP Des tersebut diungkapkan langsung Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Watumalang, Syaiful Azhar dalam sambutannya di depan forum Musdes di Balai Desa Bumiroso, Kamis (30/7)

Menurut Syaiful, apa yang telah diisajikan Pemerintah Desa Bumiroso dalam Musyawarah Desa penyusunan RKP Des sudah sangat baik, karena telah mencakup sejumlah hal kunci, seperti demografi kependudukan, lingkungan, potensi ekonomi, kesehatan, hingga sampai pada penyelesaian masalah berbasis pada data akurat.

“Pihak Pemdes, bersama Badan Permusyarawatan Desa (BPD) menyampaian data-data secara terinci sehingga mampu membuka wawasan masyarakat terhadap permaslahan yang mesti dihadapi desa pada kurun waktu setahun pada 2021 mendatang, dengan menitikberatkan pada pemetaan secara komprehensif dan berbasis pada partisipasi publik,” terang Syaiful.

Selain itu, inisiatif untuk mengadopsi pola penggalian gagasan sebagaimana dilakukan di Bappeda Kabupaten menurut Syaiful juga layak mendapat apresiasi positif. Dengan pola penggalian gagasan dengan mekanisme FGD yang melibatkan elemen-elemen kunci di desa tersebut, ia meyakini materi yang diusung sebagai bahan musyawarah desa menjadi lebih terarah, fokus dan tepat sasaran.

“Dengan pelibatan komponen masyarakat seperti tokoh-tokoh agama, tokoh masyarakat hingga tenaga kesehatan, pola pembangunan desa juga kelak akan efektif menyasar program-program skala prioritas dan bisa variatif di setiap jenjang mulai dari RT, RW, dusun hingga ke lingkup desa dalam implementasinya,” tandasnya.

Diharapkan, pola musyawarah desa tersebut akan bisa diterapkan di desa-desa lain. Bahkan menurut Syaiful tidak hanya di Kecamatan Watumalang, melainka di lingkup lebih luas se-Kabupaten Wonosobo. (gus)

*Agus Supriyadi/WonosoboEkspres/01-08-2020*

https://magelangekspres.com/musyawarah-desa-bumiroso-libatkan-semua-elemen-masyarakat/


Total Dibaca

Peta Wilayah

 

Contact Details

Telephone: ‎+62 286 3301757
Email:  desabumiroso@gmail.com
Website: https://bumiroso-watumalang.wonosobokab.go.id

Bumiroso RT 03 RW 03 Desa Bumiroso Kecamatan Watumalang Kabupaten Wonosobo Provinsi Jawa Tengah

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: rewind() expects parameter 1 to be resource, boolean given

Filename: drivers/Session_files_driver.php

Line Number: 188

Backtrace:

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: filesize(): stat failed for /var/lib/php/sessions/ci_session675e7397697aaa37a5a9c18b60d0cb4dfa2ec61b

Filename: drivers/Session_files_driver.php

Line Number: 192

Backtrace: